Tahun 2021, DKP Malra Fokus Data CPCL

Langgur, Tribun Maluku, com: Program utama Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Pertanian Kabupaten Maluku Tenggara (Kab. Malra) di Tahun 2021 pendataan terhadap Calon Petani, Calon Lahan (CPCL) sebelum menentukan tempat penanaman Pohon Kelapa tersebut.

“Jadi awal tahun ini fokus kami pada CPCL diawali dengan pendekatan. Kita tidak bisa langsung menentukan, jadi kami melakukan pendekatan dulu sesuai potensi dan lahan, petani siap atau tidak barulah kami yang menentukan lokasinya.” kata Kepala Bidang Perkebunan Kab. Malra Irene Farneubun, S.Hut diruang kerjanya Rabu, 6/1/2021.

Irene menjelaskan, tujuan CPCL agar dapat mengetahui sejauhmana kesiapan dan keseriusan masyarakat Desa/Ohoi yang di wilayah Pemda Malra.

Pasalnya, sejak tahun 2003 sampai saat ini dinas telah menyelesaikan kegitan peremajaan terhadap penaman Pohon Kelapa Kecamatan Kei Besar.

“Jadi setiap tahun itu ada lokasi-lokasi yang kami lakukan kegiatan Peremajaan terhadap tanaman Kelapa yang tua renta. Jadi fokus kami yaitu semua kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan ada di Kei Besar, jelasnya.

Sehubungan penanamnan Pohon Kelapa sejak tahun 2003 lalu. Dia menambahkan, Pohon Kelapa merupakan Pohon tahunan yang dapat tumbuh mencapai 10 tahun agar bisa menghasilkan buah, sehingga jika tua renta maka nikmati dulu hasilnya sebelum dibasmikan.

ADVERTISEMENT

“Artinya kalau bilang Kepala berarti dia tanaman tahunan. Jadi dia (Pohon Kelapa) kan 10 tahun baru bisa menghasilkan buah. Terus Peremajaan itu bukan berarti bahwa penanamnan lalu Pohon Kelapa yang sudah tua renta itu dibasmikan? Nanti sampai menunggu hasilnya dulu baru dibasmikan” pungkasnya.

Seperti tahun sebelumnya, menurutnya CPCL tahun ini tidak hanya berpusat pada Kei Besar Selatan tetapi cenderung akan melibatkan seluruh Desa pada seluruh Kecamatan di Wilayah Kei Besar seperti Kei Besar Utara Barat, Kei Besar Selatan Barat dan Kei Besar Utara Timur.

Dirinya berharap, jika nantinya kegiatan CPCL dilaksanakan maka masyarakat dapat menyampaikan fakta-fakta tentang potensi lahan yang dimiliki dan bersedia bekerja dengan penuh niat untuk mendapatkan penghasilan ditengah masa pandemi Covid-19 ini.

ADVERTISEMENT
Selengkapnya
ADVERTISEMENT

Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Ikuti Kami